Mengenal OS (operation system) pada HP yang sering kita gunakan


Pada pembahasan kali ini kita akan mengenal sedikit apa saja OS yang digunakan pada HP yang sering kita gunakan serta berbagi pengalaman sedikit tetang pemakaian OS tersebut.
  • Android
Android adalah sebuah sistem operasi yang dirancang oleh Google yang berbasiskan kernel Linux dan berbagai perangkat lunak Open Source lainnya serta biasa digunakan untuk perangkat dengan layar sentuh seperti smartphone dan tablet. Android pertama kali dirilis pada tahun 2007 dengan versi beta dan baru dijual secara publik pada tahun 2008. Sistem operasi android ini bisa dikatakan unik dibandingkan sistem operasi lain dikarenakan penamaan versi pengembangan sistem operasinya berdasarkan makanan pencuci mulut dan makanan manis. Yakni Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0–2.1), Froyo (2.2–2.2.3), Gingerbread (2.3–2.3.7), Honeycomb (3.0–3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4), Jelly Bean (4.1–4.3), KitKat (4.4+), Lollipop (5.0+), Marshmallow (6.0+), Nougat (7.0+) dan Android Oreo (8.0+),dan yang terbaru adalah Android Pie (9.0+). Android tergolong sistem yang fleksibel karena merupakan sistem operasi open source yang memungkinkan perangkat lunak untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi.


  • Symbian
Symbian adalah sistem operasi pada perangkat mobile yang dikembangkan oleh  Symbian Ltd yang sekarang sahamnya telah dibeli oleh nokia pada tahun2008. Sistem operasi symbian pertama kali rilis pada 5 Juni 1997 dengan nama EPOC32 dan baru berubah menjadi nama symbian pada tahun 2004 (Symbian OS v5). Pada awal tahun 2005, muncul Symbian OS v9.1 dengan sistem keamanan platform baru yang dikenal sebagai capability-based security. Sistem keamanan ini mengatur hak akses bagi aplikasi yang akan diinstal pada peralatan dalam hal mengakses API.
Muncul pula yang disebut dengan Symbian OS v9.2 yang melakukan perbaharuan pada teknologi konektifitas Bluetooth dengan digunakannya Bluetooth v.2.0. Sedangkan yang terbaru, Symbian mengeluarkan Symbian OS v9.3 (dirilis pada tanggal 12 Juli 2006) telah mengusung teknologi wifi 802.11 dan HSDPA sebagai bagian dari komponen standarnya.

Mirip seperti sistem operasi desktop, Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secara event-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu. Namun perlu dipahami sistem operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada peralatan mobile dengan keterbatasan sumber daya. Multithread dan multitasking memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Namun khusus ini, adanya preemptive multitasking kernel akan memberi tiap-tiap program suatu pembagian waktu pemprosesan yang dilakukan bergantian dengan cepat sehingga tampak bagi pemakai seolah-olah proses ini dieksekusi secara bersamaan. Untuk itu telah didefinisikan penjadwalan berdasar prioritas tertentu untuk menentukan proses mana yang berjalan terlebih dahulu dan proses apa berikutnya serta berapa banyak waktu akan jadi diberi.

Symbian OS sendiri bukanlah software yang sifatnya open source secara penuh karena meskipun terdapat ketersedian API dan dokumentasinya, yang banyak membantu pihak pengembang aplikasi untuk membuat software yang berjalan di atas sistem operasi ini, dipublikasi untuk umum namun tidak untuk kode source sendiri.


  • IOS
IOS merupakan singkatan dari iPhone Operating System. Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch. iOS diturunkan dari OS X, yang memiliki fondasi Darwin dan karena itu iOS merupakan sistem operasi Unix. iOS adalah versi bergerak dari sistem operasi OS X yang dipakai di komputer-komputer Apple. Interface  iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung menggunakan gerakan multisentuh. Elemen kontrol antarmukanya meliputi slider, switch, dan tombol. Interaksi dengan OS ini mencakup gerakan seperti geser, sentuh, jepit, dan jepit buka, masing-masing memiliki arti tersendiri dalam konteks sistem operasi iOS dan antarmuka multisentuhnya. Akselerometer internalnya dipakai oleh sejumlah aplikasi agar bisa merespon terhadap pengguncangan alat (misalnya membatalkan tindakan) atau memutarnya dalam tiga dimensi (misalnya beralih dari mode potret ke lanskap). iOS ini bersifat close source yang dimana hanya perusahaan Apple lah yang bisa mengembangkan dan mengetahui source code nya. Perkembangan IOS dilakukan setiap tahunnya dengan dikodekan berdasarkan nomor urut dimulai dari 1 hingga yang terbaru yaitu IOS 12.


  • BlackBerry OS
BlackBerry OS adalah milik Sistem Operasi Mobile, yang dikembangkan oleh RIM (Research In Motion) untuk perusahaan BlackBerry garis smartphone perangkat genggam. Sistem operasi menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan dalam handheld, khususnya trackwheel, trackball, dan yang paling baru, yang trackpad dan touchscreen.

Perangkat Blackberry adalah device yang sama dengan hanphone lain yang mempunyai fasilitas telepon dan sms. Tetapi perangkat BlackBerry sendiri yang membedakannya adalah operating systemnya, karena operating system BlackBerry merupakan Operating System (OS) berbasis Java buatan RIM (vendor Blackberry).

BlackBerry hanyalah seperti handphone biasa jika tidak mengaktifkan layanan servis BlackBerry. Namun jika layanan servis BlackBerry diaktifkan dapat menjadi killer device untuk ber-internet ia, terutama email. Sebenarnya handphone lain juga dapat beremail ria, via GPRS/3G/HSDPA, namun bedanya dengan BlackBerry adalah perangkat lain tidak dapat melakukan cek e-mail secara automatis tetapi secara manual, tetapi BlackBerry dapat mengakses email masuk, mengirim e-mail, menghapus e-mail dll seperti menerima, mengirim dan menghapus sms biasa. Email di blackberry akan muncul beberapa saat setelah dikirimkan oleh pengirim ke blackberry kita atau istilah lainnya menggunakan teknologi PUSH.


  • Windows Phone.

Windows phone merupakan sistem operasi dari Microsoft untuk smartphone, sebagai pengganti dari sistem operasi pendahulunya, yaitu Windows mobile. Ciri khas dari Windows phone adalah penggabungan dari Onedrive (untuk Microsof Exel dan Outlook) Xbox dan Bing di dalam sistem operasinya. Juga terdapat Live Tiles, yang merupakan fitur utama pada Windows 8 PC, yang akan selalu meng-update anda secara real time tentang berita, cuaca bahkan acara TV.




Demikian pengenalan sekilas tentang OS pada HP. Selanjutnya saya akan berbabagi sedikit 

pengalaman dalam penggunaan OS.

Awal cerita, HP yang saya gunakan pertama kali yaitu ber OS Symbian, saya menggunakan HP tersebut terbilang cukup sebentar sekitar satu tahun dikarenakan saat itu HP yang saya gunakan memang bekas dipakai oleh orang tua saya dan memang  saya berencana untuk ganti HP baru blackberry atau android yang sedang panas-panasnya saat itu, itung-itung sambil menabung sampai uang terkumpul akhirnya saya menggunakan hp tersebut, selama menggunakan os symbian ada satu hal yang masih berkesan hingga saat ini yaitu efisiensi sehingga batrai HP bisa tahan lama. Setelah saya berhenti memakai HP Symbian akhirnya saya memutuskan untuk beralih ke android dan masih bertahan hingga sekarang, pada awalnya memang saya sempat bimbang beralih ke android atau blackberry yang pada saat itu lagi ngetren-ngetrennya blackberry messenger jika saya memilih android maka tidak bisa BBM. Disitulah saya berpikir ulang dan menemukan satu point menarik pada android yaitu pada play store yang dapat mendownload bermacam-macam aplikasi dan game dengan sambil berharap BBM ada di playstore. Setelah beberapa bulan memakai android, android tiba-tiba menjadi tren dan mulai muncul banyak tutorial oprek android, saat itu saya juga mencoba ikut-ikutan oprek android dari mulai root, costum rom, mod aplikasi, dan cheat.
Untuk Windows Phone dan IOS saya tidak punya banyak pengalaman. sedikit pengalaman saat saya meminjam HP teman, pada Windows Phone hampir mirip dengan windows desktop, jika terbiasa menggunakan windows desktop maka akan mudah menggunakan Windows Phone. Untuk IOS menurut pendapat saya pada fitur multisentuhnya dan optimasi yang terbaik, jika diandroid menjalankan game menggunakan ram 4 gb pada IOS bisa jadi hanya menggunakan ram 1 gb.
Untuk kesimpulannya pada saat ini saya lebih memilih menggunakan OS Android, karena sistem operasinya yang fleksibel dan harga perangkat yang menggunakan OS Android lebih terjangkau.

Sumber :

https://definisi-perangkat-z.blogspot.com/2016/11/windows-phone.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar