Cara Kerja Hostname pada CMD (getName)


Halo…. apa kabar semua, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengetahui nama host pada windows sama seperti pembahsan sebelumnya pembahasan kali ini juga menggunakan paket java.net. 

Beberapa dari kita mungkin sudah tahu bahwa untuk cara mudah kita dapat mangetahui nama host yang kita gunakan, kita dapat membuka system pada control panel atau bisa juga dengan memasukan command hostname pada CMD.


 

Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas bagaimana cara kerja program untuk mengetahui nama host dengan program java. Script yang akan kita gunakan seperti pada gambar dibawah.


Sama seperti pembahasan sebelumnya pada program ini juga menggunakan paket java.net yang didalamnya berisi fungsi untuk mengecek host dengan perintah host = InetAddress.getLocalHost();, setelah program memperoleh host barulah program akan menampilkan nama host yang kita gunakan dengan perintah System.out.println("Nama komputer Anda: " + host.getHostName());.

Untuk melakukan percobaan program tersebut, terlebih dahulu kita harus install java, kemudian simpan script diatas dengan nama file getName.java. selanjutnya kita dapat compile dan menjalankan file tersebut seperti gambar dibawah



Sekian untuk pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar