Cara Kerja Nslookup pada CMD (bagian getAddress)


Nslookup  merupakan salah satu fungsi yang tersedia pada command prompt, fungsi Nslookup ini berguna untuk mengetahui informasi dari Domain Name System (DNS) baik itu nama domain beserta addressnya  pada sebuah domain di internet, cara penggunaan Nslookup pada command prompt terbilang mudah, sebagai contoh kita ingin mengetahui Domain Name System (DNS)  dari google.com, kita hanya perlu memasukkan command seperti Nslookup google.com  atau kita juga bisa memasukkan command Nslookup 172.217.26.78 dan hasilnyapun akan langsung terlihat.

 

Untuk pembahasan kali ini kita akan sedikit membahas bagaimana cara kerja dari Nslookup. Penggambaran cara kerjanya kita akan menggunakan program java dengan script dibawah ini.




Pada script diatas, program pertama kali akan mengimport paket berupa java.net yang nantinya akan digunakan untuk memperoleh IP dari sebuah domain dengan fungsi InetAddress, untuk mengetahui address atau IP dari sebuah domain paling tidak kita harus tahu nama dari domain tersebut, setelah program melakukan import, program akan meminta kita untuk memasukan nama domain yang nantinya program tersebut akan melakukan cek apakah domain tesebut tersedia atau tidak dengan perintah try{ address = InetAddress.getByName(host);}, bila domain yang dimasukan tidak dikenali maka program akan menampilkan “Unknown host”, namun bila domain dikenali maka program akan berusaha memperoleh IP dan disimpan dalam matriks dengan perintah byte[] ip = address.getAddress();, setelah itu program akan melakukan translasi sehigga membetuk IPv4.

Untuk mencoba script diatas kita harus simpan dengan nama file NsLookup.java. dan lakukan compile barulah program dapat dijalankan.

 



Sekian untuk pembahasan kali ini, untuk pembahasan bagaimana cara kerja Nslookup menggunakan IP kita akan bahas pada pembahsan selanjutnya, semoga pembahasan kali dapat bermanfaat.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar