Cara Kerja Ipconfig pada CMD (getIP)


Pada pembahasan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengetahui IP pada windows menggunakan paket java.net

Pasti diantara kita pernah bertanya-tanya bagaimana cara kita mengetahui IP yang sedang kita gunakan. Mungkin diantara kita ada yang sudah tahu bahwa ada cara mudah untuk cek IP dengan menggunakan command ipconfig pada CMD atau kita juga bias melakukan properties pada koneksi yang kita gunakan.


 

Untuk pembahasan kita kali ini, kita akan mengulas bagaimana cara kita bisa memperoleh IP tersebut hingga ditampilkan pada CMD, sebagai penggambaran kita akan menggunakan program java.

Sebelum memulai pembahasan, kita terlebih dahulu harus menginstall java.

Script program yang akan kita gunakan, menggunakan script program di bawah ini. Simpan nama file dengan getIP.java
 

 

Mari kita bahas bagaimana cara script ini bekerja, pertama-tama program akan melakukan import paket java.net yang didalamnya berisi fungsi berupa InetAddress untuk kita bisa memperoleh IP. Dikarenakan kita ingin mengetahui IP yang kita gunakan maka terlebih dahulu kita harus mengetahui host yang kita gunakan dengan perintah host = InetAddress.getLocalHost();, setelah program mengetahui host yang digunakan barulah program dapat mengecek IP yang digunakan dengan perintah byte ip[] = host.getAddress();  namun IP yang diperoleh masih dalam bentuk byte dan disimpan dalam matriks, barulah setalah itu kita melakukan translasi menggunakan perulangan untuk memperoleh hasil IPv4.

sekarang kita telah selesai dengan pembahasan scriptnya, selanjutnya kita bisa compile file tersebut dengan perintah dibawah ini, sebelum melakukan compile pastikan nama file getIP, bila tidak maka akan menimbulkan error pada program.



 
Setelah berhasil dicompile kita bisa menjalankan program seperti pada hasil dibawah.
 


Sekian untuk pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.
 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar