Video Game Serupa Pandora



Mungkin diantara kita bertanya-tanya kenapa game serupa dengan pandora, untuk memperoleh jawaban tersebut marilah kita mengenal siapa sosok pandora sebenarnya. Nama pandora berasal dari motoligi yunani yang awalnya dimana Zeus yang merupakan dewa menyuruh salah satu anaknya, Hefaistos dewa pandai besi, untuk membuat seorang manusia. Maka terciptalah manusia perempuan pertama di dunia. Setelah diciptakan, Athena mengajarinya menenun dan menjahit serta memberinya pakaian, Afrodit memberinya kecantikan dan hasrat, para Kharis memakaikan padanya perhiasan, para Hoirai memberinya mahkota, Apollo mengajarinya bernyanyi dan bermain musik, Poseidon memberinya kalung mutiara, Hera memberinya rasa penasaran yang besar, Hermes memberinya kepandaian berbicara serta menamainya Pandora, bermakna "mendapat banyak hadiah".

Lalu apa hugungannya dengan video game?,  dalam sebuah video game banyak sekali faktor yang dimasukkan atau diberi oleh pembuat untuk melengkapi sebuah karya sama halnya dengan pandora, didalam video game juga terdapat musik yang mengiringi sebuah permainan, ada pula karakter-karakter yang sangat cantik dan memukau, dan dengan jalan ceritanya yang khas membuat kita terus penasaran akan hal yang baru, serta ditambah dengan grafik yang elegan pasti akan terlihat cantik seperti pandora.

Bila pandora diberi hasrat oleh Afrodit sama halnya dengan video game yang memiliki hasrat untuk terus berkembang dari waktu-kewaktu, menurut sebuah buku yang berjudul “Optimalkan Potensi Anak Dengan Game” karangan Al. Tridhonanto (2011) dijelaskan bahwa game sudah ditemukan sejak lima dasarwasa lalu, yang pertama kali muncul atas prakarsa Steven Russel dalam proyeknya yang berjudul Computer Games pada tahun 1962 dengan nama produk Star Wars. Sekitar tahun 1970 muncul game yang cukup terkenal yaitu game Pong. Lalu pada tahun 1980 muncul game yang berbasis teknologi IBM PC yakni Pacman. Singkat cerita pada tahun 1993 muncul yang tak kalah populer yaitu Mortal Combat. Lima tahun kemudian muncul game yang sudah menggunakan basis 3d tapi masih sederhana dan sistem suaranya masih terbatas yaitu game Doom.

Karena hasrat untuk berkembang sebuah video game sabgatlah besar maka muncullah keunikannya, Dalam buku yang berjudul  “Langkah Mudah Membuat Game 3d” yang ditulis oleh Ivan C. Sibero (2009). Berdasarkan genre-nya, game dibagi menjadi beberapa jenis, seperti  : Action, Fighting, Shooter , Racing , sport , Adventure, Strategi , RPG (Role Playing Game)
Dalam pengembangkan sistem video game terdapat salah satu metode pengembangan yaitu menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther Sutopo. Menurut Luther sendiri dalam metode pengembangan multimedia terdiri 6 tahapan yaitu konsep, design, Mengumpulkan Material, assembly, testing dan distribusi.



Untuk tahap Pembuatan (Assembly) Bahasa pemrograman pada games sangat tergantung pada platform atau teknologi yang digunakan. Untuk game PC pada umumnya biasanya menggunakan C++, C# bisa digunakan pada pembuatan desktop games menggunakan XNA, DirectX, atau Unity3D.
Pada bagian proses design karakter, background, musik. Banyak sekali aplikasi pembantu untuk membuat design karakter, background, musik game yang dibuat manjadi lebih indah, diantaranya 

---  Blender 3D, Dalam buku yang berjudul “The Beginning Blender”, Lance Flavell (2010) 
menjelaskan Blender 3D adalah perangkat lunak visualisasi 3d yang mempunyai fitur yang cukup lengkap, gratis dan populer. Walau software ini gratis atau free, kualitas pencitraan digital tidak kalah dengan software- software grafis 3D lainnya. Blender 3D dapat digunakan untuk membuat animasi 3D dan ada fitur tambahan yang membuat software ini semakin menarik yaitu bisa membuat sebuah game dengan game engine yang ada pada software ini.

---adobe master collection, merupakan koleksi lengkap produk Adobe yang tersusun dalam 1 paket sehingga semua produk Adobe yang biasa kita pakai sudah tercakup didalamnya. Adobe Master Collection juga mempermudah kita untuk melakukan semua pekerjaan yang berhubungan dengan desain grafis, audio video, maupun skrip kode.

Agar sebuah video game terlihat seperti pandora, maka video game tersebut haruslah dibuat semaksimal mungking dengan mementingkan semua faktornya, karena semua faktor itulah yang membuatnya jadi sebuah kesatuan yang elegan, cantik, dan berkesan 




11 komentar:

  1. sudah cukup jelas namun terlalu sedikit serta belum menggunakan rata kana dan kiri.

    BalasHapus
  2. Kerangkanya tidak ada, dan seharusnya rata kanan kiri. Terima kasih

    BalasHapus
  3. artikelnya sangat bagus namun tidak ada kesimpulannya, dan untuk penulisannya tidak menggunakan rata kanan kiri.

    BalasHapus
  4. penuisannya sudah rapi, tapi kalo bisa agar lebih rapi lagi formatnya rata kiri kanan/justify, sumber jurnal juga sudah di publikasikan.

    BalasHapus
  5. Penulisan sudah cukup rapi tetapi mohon ditingkatkan lagi dalam materi. Terima Kasih

    BalasHapus
  6. Menurut saya penulisan anda sudah bagus, tetapi sub sub judul materinya tidak ada dan rata kiri kanan nya masih banyak yang belum rapih , terimakasih

    BalasHapus
  7. Materinya sudah bagus tetapi kalau bisa tulisannya di rapihkan lagi dan di perjelas lagi kerangka penulisannya

    BalasHapus
  8. Materi penulisan sudah cukup bagus dan menambah wawasan mengenai game tetapi dalam penulisan sedikit kurang rapih mungkin saran dari saya gunakan rata kanan dan rata kiri (justify).

    BalasHapus
  9. menurut saya penyampaian materi nya sudah baik, namun sebaiknya anda menambahkan kesimpulan. dan untuk penulisannya belum cukup rapih karna setiap paragraph seharusnya menggunakan justify. terimakasih

    BalasHapus
  10. mungkin bisa ditambah beberapa gambar ilustrasi lagi supaya lebih menarik + pembaca terbawa suasana artikelnya . terima kasih telah berbagi info ^^

    BalasHapus
  11. penulisan dan gaya bahasa masih kurang, tapi btw isinya sangat bermanfaat buat tugas presentasi saya, makasih ya kak 😊

    BalasHapus